Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Pantai Cermin

Oktaviani, Vina (2022) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi SMAN 1 Pantai Cermin. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_VINA_OKTAVIANI_18053143_7714_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantu Quizizz, serta untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantu Quizizz dan konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran Ekonomi materi ketenagakerjaan di SMAN 1 Pantai Cermin. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pantai Cermin. Siswa yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Model Discovery Learning berbantu Quizizz dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan penerapan model Konvensional. Untuk mendapatkan hasil belajar siswa digunakan tes tertulis dalam bentuk tes objektif . Untuk data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dan uji Independent Sample T-test, kemudian dianalisis lebih lanjut dengan uji beda Gain Skor. Hasil penelitian pada kelas eskperimen menggunakan model Discovery Learning berbantu Quizizz skor rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan adalah 45,33 meningkat menjadi 83,73 , dengan Gain skor 0,71 termasuk kedalam kategori tinggi. Pada kelas kontrol meningkat dari 44,26 menjadi 70,77 , dengan Gain skor 0,48 termasuk dalam kategori sedang. Kemudian untuk uji t-test menunjukkan nilai sig uji Paired Sample T-test sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berbantu Quizizz. Kemudian uji independent t-test didapatkan nilai sig.0,00 < 0,05. Berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learning berbantu Quizizz dengan siswa yang menggunakan model Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOknaryana, OknaryanaUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
CorrectorYuhendri LV, Yuhendri LVUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:30
Last Modified: 16 Feb 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42287

Actions (login required)

View Item View Item