Penentuan Efisiensi Kerja dan Output Standar Menggunakan Metode Time And Motion Study pada Usaha Gerabah di Desa Galogandang

Aryani, Suci (2022) Penentuan Efisiensi Kerja dan Output Standar Menggunakan Metode Time And Motion Study pada Usaha Gerabah di Desa Galogandang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_SUCI_ARYANI_18059041_6664_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kerja pada proses pengerjaan gerabah di desa Galogandang dengan menggunakan metode time and motion study. Pengukuran ini dilakukan guna mengetahui waktu standar pengerjaan gerabah dan menentukan output standar yang optimal. Dalam penelitian ini, pengukuran kerja dilakukan pada 15 orang pengrajin yang kompeten di bidangnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan stopwatch time study, hasil penelitian menunjukkan waktu standar pengerjaan gerabah adalah sebesar 1231297.20detik atau sama dengan 34.20 jam. Kemudian hasil untuk perencanaan target produksi menggunakan waktu standar adalah sebanyak 25 unit/hari dengan waktu pengerjaan selama 8,86 jam yang dapat menjadi pertimbangan atau acuan bagi pengrajin gerabah dalam menentukan efisiensi kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLinda, Muthia RozaUNSPECIFIED
CorrectorMesta, Hendri AndiUNSPECIFIED
CorrectorYanuarta RE, RamelUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGUKURAN KERJA, TIMEAND MOTION STUDY, WAKTU STANDAR
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:45
Last Modified: 15 Feb 2023 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42273

Actions (login required)

View Item View Item