Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA

Nisa, Dehvi Qoinun (2022) Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DEHVI_QOINUN_NISA_17035129_1737_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan butir soal literasi kimia dan menentukan nilai validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran butir soal literasi kimia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER). Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan skema MER yang telah dimodifikasi. Terdapat tiga tahapan dasar didalam model MER yaitu analisis struktur konten, penyelidikan empiris dan konstruksi asesmen literasi kimia. Tahapan pertama pada MER tidak mutlak harus diselesaikan terlebih dahulu melainkan disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian. Teknis analisis data menggunakan model Rasch. Uji validitas konten dan konstruk dilakukan oleh lima validator. Untuk uji soal dilakukan kepada peserta didik di SMA Negeri 3 Padang. Berdasarkan instrumen penilaian yang telah dianalisis dengan aplikasi Facet, didapatkan bahwa hasil perkiraan persetujuan validator (expected agreements) sebesar 85,3% dan hasil persetujuan validator (exact agreements) yang didapatkan sebesar 84,6%. Artinya butir soal literasi kimia dapat diterima berdasarkan persetujuan validator. Uji reliabilitas butir soal literasi kimia dianalisis dengan aplikasi Winstep, didapat bahwa nilai reliabilitas item sebesar 0,94 termasuk kategori baik sekali. Tingkat kesukaran butir soal literasi kimia tergolong atas empat kelompok yaitu butir soal sangat sulit, sulit, mudah, dan sangat mudah. Daya pembeda butir soal literasi kimia tergolong tiga kelompok abilitas peserta didik (abilitas tinggi, sedang dan rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:42
Last Modified: 14 Feb 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42262

Actions (login required)

View Item View Item