Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA

Melga, Danisyah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DANISYAH_MELGA_17035005_1854_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan saat ini menuntut adanya pembelajaran berpusat pada siswa (Student Centered Learning). Dengan adanya media pembelajaran PowerPoint-iSpring berisikan pertanyaan Prompting membantu siswa dalam menemukan konsep suatu materi sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Dengan kelebihan media pembelajaran ini siswa dapat belajar mandiri dimanapun dan kapanpun. Media pembelajaran PowerPoint-iSpring menggunakan fitur trigger yang memberikan feedback ketika siswa menjawab benar/salah pada pertanyaan prompting yang telah disediakan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA serta menentukan tingkat validitas dari media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian Plomp dengan dilaksanakan sampai prototype 3 (one to one evaluation dan expert review). Subjek pada penelitian yaitu dosen kimia FMIPA UNP dan guru SMAN 1 Painan sebagai validator ahli materi, dosen teknik FT UNP sebagai validator ahli media, serta peserta didik kelas X dan XI SMAN 1 Painan sebagai subjek penelitian. Instumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi (untuk ahli materi dan ahli media) dan lembar wawancara. Hasil pengolahan data percobaan uji validitas menggunakan formula Aiken’s V menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi tatanama senyawa yang dikembangkan telah valid untuk masing-masing itemnya pada komponen konten, konstruk, dan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:41
Last Modified: 14 Feb 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42259

Actions (login required)

View Item View Item