Karakterisasi dan Isolasi Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Ecoenzyme yang Dibuat Menggunakan Bahan Organik Variasi Limbah Kulit Jeruk

Mardhiyah, Azzahrah Khairunnisa (2022) Karakterisasi dan Isolasi Bakteri Asam Laktat (BAL) dari Ecoenzyme yang Dibuat Menggunakan Bahan Organik Variasi Limbah Kulit Jeruk. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_AZZAHRAH_ KHAIRUNNISA_MARDHIYAH_18032105_925_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bakteri asam laktat (BAL) memegang peranan penting dalam industri fermentasi, khususnya dalam menghasilkan senyawa yang memiliki aktivitas antimikroba. Disamping itu, BAL juga berperan penting dalam pertanian karena mampu memproduksi IAA, siderofor dan aktivitas antagonis terhadap fitopatogen. Bakteri asam laktat dapat diisolasi dari produk fermentasi seperti ecoenzyme. Tujuan dari penelitian ini untuk mengisolasi BAL dari ecoenzyme yang dibuat menggunakan bahan organik variasi limbah kulit jeruk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Bakteri asam laktat diisolasi dari ecoenzyme yang dibuat menggunakan bahan organik variasi limbah kulit jeruk. Penentuan jenis BAL didasarkan pada ciri-ciri morfologi koloni makroskopis dan mikroskopis bakteri yang tumbuh pada medium selektif (MRS). Selanjutnya penentuan kerapatan BAL dihitung dengan metode total plate count (TPC). Pada penelitan ini juga diamati faktor yang mempengaruhi kerapatan BAL dintaranya adalah kerapatan total bakteri (dihitung dengan metode spektrofotometri dan TPC) dan faktor lingkungan fermentasi (suhu dan pH). Penelitian ini berhasil mengisolasi sebanyak 24 isolat BAL dari ecoenzyme yang difermentasi selama 14 hari, dan 13 isolat BAL dari ecoenzyme yang difermentasi selama 100 hari. Terjadi penurunan kerapatan BAL pada fermentasi selama 100 hari, seperti halnya dengan kerapatan bakteri total. Faktor lingkungan yang mendukung terjadinya penurunan kerapatan BAL adalah kenaikan suhu dan penurunan pH medium fermentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:19
Last Modified: 14 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42256

Actions (login required)

View Item View Item