Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Gadget Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Pesisir Selatan

Sari, Yona Yulfita (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kesiapan Belajar dan Pemanfaatan Gadget Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_YONA_YULFITA_SARI_18053086_5660_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kesiapan belajar dan pemanfaatan gadget sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa Jurusan IPS di MAN 2 Pesisir Selatan yang berjumlah 189 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada responden dan data sekunder diperoleh dari nilai MID Semester Ganjil siswa Jurusan IPS di MAN 2 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional, kesiapan belajar dan pemanfaatan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (3) kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (4) pemaanfaatan gadget sebagai sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayati, Annur FitriUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorFriyatmi, FriyatmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:19
Last Modified: 14 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42255

Actions (login required)

View Item View Item