Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Aset, Risk dan Tangibility Asset terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediating pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi

Lubis, Salsa Dilla Hayati (2022) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Aset, Risk dan Tangibility Asset terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediating pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_SALSA_DILLA_HAYATI_LUBIS_18059051_4626_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) profitabilitas, (2) likuiditas, (3) pertumbuhan aset, (4) risk dan (5) tangibility asset terhadap nilai perusahaan dan struktur modal sebagai variabel mediating pada nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan metode purposive sampling, sehingga didapatkan 145 sampel (29 perusahaan - 5 tahun). Akan tetapi sampel akhir pada penelitian ini adalah 118 sampel karena adanya data outlier. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) menggunakan program IBM SPSS AMOS 21.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa likuiditas (CR) berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal dan profitabilitas (ROA), pertumbuhan aset (AG), risk (DOL) dan tangibility asset (TANG) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap struktur modal. Selanjutnya struktur modal (DAR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas (ROA), pertumbuhan aset (AG) dan tangibility asset (TANG) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas (CR) berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian struktur modal (DAR) tidak mampu memediasi pengaruh porfitabilitas (ROA), likuiditas (CR), pertumbuhan aset (AG), risk (DOL) dan tangibility asset (TANG) terhadap nilai perusahaan karena pengaruh yang dihasilkan tidak signifikan. Implikasi penelitian ini bagi perusahaan yaitu diharapkan dapat menjadi acuan perusahaan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang mungkin dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan struktur modal. Sedangkan bagi para investor atau calon investor, diharapkan dapat menjadi bahan untuk pertimbangan sebelum melakukan investasi pada perusahaan, dan implikasi untuk akademis yaitu diharapkan dapat menjadi bahan bacaan tambahan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorrasyid, RosyeniUNSPECIFIED
CorrectorYumna, AimatulUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN ASET, TANGIBILITY ASSET
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:55
Last Modified: 14 Feb 2023 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42252

Actions (login required)

View Item View Item