Pengaruh Bentuk Latihan Jongkok Geri Menggunakan Beban dan Latihan Side to Side Jumping Modifikasi terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Atlet Kempo Solok Selatan.

Setiawan, Reza (2022) Pengaruh Bentuk Latihan Jongkok Geri Menggunakan Beban dan Latihan Side to Side Jumping Modifikasi terhadap Kecepatan Tendangan Mawashi Atlet Kempo Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_REZA_SETIAWAN_18087037_4918_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh bentuk latihan jongkok geri menggunakan beban dan latihan side to side jumping modifikasi terhadap kecepatan tendangan mawashi atlet Kempo Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara bentuk latihan jongkok geri menggunakan beban dan latihan side to side jumping modifikasi terhadap peningkatan kecepatan tendangan mawashi pada atlet Kempo Solok Selatan, dan untuk mengetahui bentuk latihan mana yang lebih efektif dalam peningkatan kecepatan tendangan mawashi pada atlet Kempo Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment). Pemilihan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling” dimana kategori sampel meliputi: Aktif latihan di Dojo yang ada di Solok Selatan, Masa latihan atlet 2 tahun lebih, Laki-laki, (senior) sabuk hijau sampai coklat, sanggup mengikuti program latihan. Jumlah sampel penelitian 9 orang atlet putra. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu (1) Tes awal (pre-test), (2) Memberikan perlakuan kepada sampel selama 16 kali pertemuan, (3) Tes akhir (post-test). Setelah dilakukan tes awal maka seluruh sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan cara Ordinally Matching Pairing. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, bentuk latihan jongkok geri menggunakan beban memberikan pengaruh yang berarti terhadap kecepatan tendangan mawashi atlet Kempo Solok Selatan dimana diperoleh th = (4,882) > ttabel = (2,132) pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, Latihan side to side jumping modifikasi memberikan pengaruh yang berarti terhadap kecepatan tendangan mawashi atlet Kempo Solok Selatan dimana diperoleh th = (3,464) > ttabel = (2,353) pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, Bentuk latihan jongkok geri menggunakan beban lebih efektif dalam meningkatkan kecepatan tendangan mawashi pada atlet Kempo Solok Selatan dengan hasil perhitungan tobservasi = (1,888) < ttabel = (1,895) pada taraf signifikansi α = 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYudi, Alex AldhaUNSPECIFIED
CorrectorAlnedral, AlnedralUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TENDANGAN MAWASHI, ATLET KEMPO, LATIHAN SIDE TO SIDE JUMPING
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:36
Last Modified: 13 Feb 2023 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42249

Actions (login required)

View Item View Item