Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Saima, Artika Mutiara (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ARTIKA_MUTIARA_SAIMA_17029008_1435_2022.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar merupakan tolak ukur utama yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung masih tergolong rendah, hal ini dilihat dari nilai penilaian harian peserta didik XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung pada materi determinan dan invers matriks tahun pelajaran 2021/2022. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung dengan sampelpenelitiannya adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKPD, dan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik dari pretest yaitu 50,37 sedangkan rata-rata nilai dari hasil belajar posttest yaitu 79,34. Untuk hasil posttest diperoleh nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah yaitu 46. Hasil uji N-Gain 0,6 pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:36
Last Modified: 13 Feb 2023 06:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42248

Actions (login required)

View Item View Item