Saima, Artika Mutiara
(2022)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pencapaian hasil belajar merupakan tolak ukur utama yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung masih tergolong rendah, hal ini dilihat dari nilai penilaian harian peserta didik XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung pada materi determinan dan invers matriks tahun pelajaran 2021/2022. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning pada proses pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung dengan sampelpenelitiannya adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, LKPD, dan tes hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik dari pretest yaitu 50,37 sedangkan rata-rata nilai dari hasil belajar posttest yaitu 79,34. Untuk hasil posttest diperoleh nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah yaitu 46. Hasil uji N-Gain 0,6 pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |