Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Tpack bagi Dosen Instruktur dan Guru Pamong untuk Meningkatkan Kecakapan Matematis Mahasiswa PPG di UNP: Penelitian Dasar Perguruan Tinggi Tahun ke II

Ahmad, Syafri and Zainil, Melva and Helsa, Yullys (2022) Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Tpack bagi Dosen Instruktur dan Guru Pamong untuk Meningkatkan Kecakapan Matematis Mahasiswa PPG di UNP: Penelitian Dasar Perguruan Tinggi Tahun ke II. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
MELVA_ZAINIL_LaporanAkhir_Penelitian_Dasar_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecakapan matematis dipandang perlu bagi guru, dosen, pelatih dalam membantu siswa, mahasiswa, dan peserta pelatihan meningkatkan kemampuan berpikir, berargumen, memberikan solusi dalam penyelesaian masalah, serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Usaha yang bisa dilakukan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara bermakna dan mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal adalah pendidik dapat secara terus menerus memberikan inovasi dalam proses pembelajaran. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan suatu pendekatan dalam penyampaian pelajaran dengan mengintegrasikan teknologi didalam pembelajaran. Melalui TPACK tersebut dibutuhkan pembaruan dalam pembelajaran matematika pada kegiatan PPG bagi guru dalam jabatan dan pra jabatan di UNP. Inovasi model pembelajaran matematika berbasis TPACK belum berkembang dan belum sempurna diterapkan oleh dosen instruktur dan guru pamong pada bidang kajian matematika SD. Maka diperlukan inovasi model pembelajaran matematika berbasis TPACK bagi dosen instruktur dan guru pamong agar kecakapan matematis mahasiswa PPG. Pada tahun pertama, luaran yang telah dicapai adalah model pembelajaran inovatif berbasis TPACK untuk meningkatkan kecakapan matematis mahasiswa PPG dan perangkat pembelajarannya. Kemudian draft buku teks, artikel di IOP Prosiding di kegiatan PSTRSS, HKI, dan satu artikel yang sudah disubmit di Jurnal Scopus Q3 yaitu TEM Journal - Technology, Education, Management, Informatics. Tujuan penelitian pada tahun kedua adalah menyebarkan dan mengimplementasikan pemanfaatan model pembelajaran matematika berbasis TPACK ini untuk kegiatan PPG di UNP untuk mengkaji praktikalitas dan efektivitas penggunaan model pembelajaran tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tahap analisis terdiri dari validasi kesenjangan harapan dan kenyataan, menganalisis tujuan pengembangan, melakukan konfirmasi sasaran pengembangan dan menentukan komponen yang dibutuhkan. Tahap design terdiri dari menyusun daftar komponen yang dibutuhkan dalam produk, menyusun tujuan pengembangan produk, merancang prototype (model pembelajaran matematika berbasis TPACK untuk Dosen Instruktur dan Guru Pamong, rps, sap, bahan ajar) dan merancang instrumen validasi dan uji coba produk. Tahap development terdiri dari membuat model pembelajaran, mengembangkan RPS, melakukan Revisi Formatif dan melakukan Uji Coba Pendahuluan. Tahapan implementation terdiri dari uji praktikalitas dan uji efektivitas. Tahapan evaluasi yaitu menentukan kriteria evaluasi, kriteria keberhasilan pengembangan produk dan menganalisa hasil evaluasi. Skema penelitian ini adalah Penelitian Unggulan Dasar Perguruan Tinggi, hal ini sesuai dengan Renstra UNP (2020-2024) meningkatkan relevansi, kuantitas, dan kualitas sumber daya dengan terwujudnya pelayanan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan. UNP merupakan salah satu LPTK yang menghasilkan guru yang profesional, seperti Pendidikan Profesi Guru SD. Guru SD diharapkan profesional di bidang IT sesuai dengan kemajuan jaman. Kemudian, sesuai Rencana Induk Penelitian (RIP) UNP 2020-2024 yang salahsatunya fokus dengan pembelajaran digital, sehingga penelitian ini sangat relevan dengan Renstra dan RIP UNP, yaitu mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis TPACK untuk meningkatkan kecakapan matematis mahasiswa PPG. Luaran yang akan dicapai pada tahun II ini adalah implementasi model pembelajaran berbasis TPACK yang sudah dikembangkan ke kegiatan PPG UNP, kemudian artikel di jurnal bereputasi adalah jurnal internasional Journal on Mathematics Education: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme), merupakan jurnal terindeks SINTA 1 dan Scopus Q2. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian yang diusulkan adalah 3 karena proses penelitian sampai pada tahap validasi dan uji terbatas. Target TKT yang akan dicapai pada penelitian ini adalah 4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:45
Last Modified: 27 Feb 2023 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42233

Actions (login required)

View Item View Item