Pengembangan Media Kotak Matematika Multifungsi Menggunakan QR Code: Penelitian Unggul Perguruan Tinggi Dasar

Zainil, Melva and Masniladevi, Masniladevi (2019) Pengembangan Media Kotak Matematika Multifungsi Menggunakan QR Code: Penelitian Unggul Perguruan Tinggi Dasar. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
MELVA_ZAINIL_LaporankemajuanPenelitianQRCode_MelvaZainil.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber daya masnusia yang bermutu sangat dibutuhkan pada zaman saat ini. Oleh karena itu pendidikan memiliki peran yang signifikan dan bahkan masih menjadi pranata utama dalam penyiapan sumber daya manusia. Saat ini dunia pendidikan telah banyak mengalami perubahan baik dari segi muatan kurikulum sampai penggunaan media yang digunakan dalam proses pembelajaran Media yang digunakan dalam pembelajaran diharapkan lebih inovatif dan mampu menunjang proses pembelajaran. Media yang berbasis teknologi merupakan salah satu alternatif yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran di sekolah. AECT (Association of Education and Communication Technology) mengartikan bahwa media merupakan penyampai pesan atau informasi saat pembelajaran. Disamping sebagai sistem penyampai atau pengantar, media yang sering diganti dengan kata mediator, dengan istilah mediator media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar, yaitu siswa dan isi pelajaran. media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima. Berdasarkan studi pendahuluan dengan menggunakan angket online dimana hasilnya menyatakan bahwa anak belum pernah menggunakan media pembelajaran yang menggunakan IT disini dapat dikatakan pula bahwa media yang digunakan oleh seorang guru yaitu masih belum berbaur IT. Dengan adanya media IT siswa akan lebih menarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Dikarenakan matematika masih berkembang dipemikiran siswa sebagai pembelajaran yang sangat ditakuti, maka dari itu seorang guru dan calon guru harus membuat inovasi terbaru dalam pembelajaran matematika. Sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi maka peneliti mengembangkan Media Kotak Matematika Multifungsi Menggunakan QR Code. Dengan mengembangkan media tersebut dapat membantu guru dalam pembelajaran matematika sehingga siswa semakin tertarik untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika untuk pembelajaran matematika SD menggunakan Qr Code untuk meningkatkan kemampuan kualitas dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Ada tiga tahap dalam pengembangan model pembelajaran, yakni preliminary research phase (tahap penelitian awal), prototyping phase (tahap membuat prototipe) dan assessment phase (tahap asesmen). Luaran yang ditargetkan dalam penelitian adalah media pembelajaran kotak matematika multifungsi dengan menggunakan QR code dan perangkat pembelajarannya berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembaran kegiatan peserta didik, buku siswa, buku guru, dan asesmen pembelajaran. Media pembelajaran dan perangkatnya ditargetkan sudah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik SD dalam pelajaran matematika. Selain model dan perangkat pembelajaran, target luaran penelitian adalah jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi, prosiding seminar internasional, dan prosiding seminar nasional. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian yang diusulkan adalah 3. Target TKT yang dicapai pada penelitian ini adalah 4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:24
Last Modified: 27 Feb 2023 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42232

Actions (login required)

View Item View Item