Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK bagi Dosen Instruktur dan Guru Pamong untuk Meningkatkan Kecakapan Matematis Mahasiswa PPG di UNP: Penelitian Dasar Perguruan Tinggi

Ahmad, Syafri and Zainil, Melva and Helsa, Yullys (2021) Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis TPACK bagi Dosen Instruktur dan Guru Pamong untuk Meningkatkan Kecakapan Matematis Mahasiswa PPG di UNP: Penelitian Dasar Perguruan Tinggi. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
MELVA_ZAINIL_Laporan_Akhir_Penelitian_Dasar.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyses, design, develop, implement, dan evaluate). Tahap analisis terdiri dari validasi kesenjangan harapan dan kenyataan, menganalisis tujuan pengembangan, melakukan konfirmasi sasaran pengembangan dan menentukan komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan. Tahap design terdiri dari menyusun daftar komponen yang dibutuhkan dalam produk, menyusun tujuan pengembangan produk, merancang prototype (model pembelajaran matematika berbasis TPACK untuk Dosen Instruktur dan Guru Pamong, rps, sap, bahan ajar) dan merancang instrumen validasi dan uji coba produk. Tahap development terdiri dari membuat model pembelajaran, mengembangkan RPS, melakukan Revisi Formatif dan melakukan Uji Coba Pendahuluan. Tahapan implementation terdiri dari uji praktikalitas dan uji efektivitas. Tahapan evaluasi yaitu menentukan kriteria evaluasi, kriteria keberhasilan pengembangan produk dan menganalisa hasil evaluasi. Skema penelitian ini adalah Penelitian Unggulan Dasar Perguruan Tinggi, hal ini sesuai dengan Renstra UNP (2020-2024) meningkatkan relevansi, kuantitas, dan kualitas sumber daya Ringkasan penelitian tidak lebih dari 500 kata yang berisi latar belakang penelitian, tujuan dan tahapan metode penelitian, luaran yang ditargetkan, serta uraian TKT penelitian yang diusulkan. dengan terwujudnya pelayanan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan. UNP merupakan salah satu LPTK yang menghasilkan guru yang profesional, seperti Pendidikan Profesi Guru SD. Guru SD yang diharapkan tentu harus profesional di bidang IT sesuai dengan kemajuan jaman sekarang. Kemudian, sesuai Rencana Induk Penelitian (RIP) UNP 2020-2024 yang salahsatunya fokus dengan pembelajaran digital, sehingga penelitian ini sangat relevan dengan Renstra dan RIP UNP, yaitu mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis TPACK untuk meningkatkan kecakapan matematis mahasiswa PPG. Luaran yang akan dicapai pada tahun I adalah model pembelajaran inovatif berbasis TPACK untuk meningkatkan kecakapan matematis mahasiswa PPG dan perangkat pembelajarannya berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembaran kegiatan peserta PPG, dan asesmen pembelajaran. Kemudian buku teks ber-ISBN dengan penerbit Deepublish, book chapter (bunga rampai) ber-ISBN dengan penerbit Saiyo, artikel di IOP Prosiding di kegiatan PSTRSS, HKI, dan accepted satu artikel di Jurnal Scopus Q3 yaitu International Journal of Innovation and Learning: https://www.inderscience.com/info/inissues.php?jcode=ijil. Pada tahun kedua ini akan dilanjutkan untuk mencobakan model pembelajaran berbasis TPACK yang sudah dikembangkan ke kegiatan PPG UNP, kemudian artikel di jurnal bereputasi adalah jurnal internasional Journal on Mathematics Education: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme), merupakan jurnal terindeks SINTA 1 dan Scopus Q2. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian yang diusulkan adalah 3 karena proses penelitian sampai pada tahap validasi dan uji terbatas. Target TKT yang akan dicapai pada penelitian ini adalah 4.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Feb 2023 00:45
Last Modified: 27 Feb 2023 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42213

Actions (login required)

View Item View Item