Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Learning Management System Moodle Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA

Harahap, Aprilia Silviani (2022) Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Learning Management System Moodle Pada Materi Larutan Penyangga Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_APRILIA_SILVIANI_HARAHAP_18035059_1736_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan wabah Covid-19 sebagai pandemi global pada Maret 2020. Dampak pandemi tersebut mengalihkan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Dengan adanya pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajaran harus lebih memanfaatkan teknologi, sesuai dengan tuntutan pendidikan era revolusi industri 4.0. Dengan demikian, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan learning management system moodle pada materi larutan penyangga serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian yang dilakukan pada pengembangan ini adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian adalah dosen kimia Universitas Negeri Padang, guru kimia SMAN 8 Padang, dan peserta didik SMAN 8 Padang yang telah mempelajari materi larutan penyangga. Instrumen penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas. Data hasil validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V sedangkan data hasil praktikalitas dianalisis menggunakan metode persentase. Hasil dari penelitian pada sistem pembelajaran yang dikembangkan didapatkan nilai validasi dari ahli media sebesar 0,91 dengan kategori valid dan hasil validasi dari ahli materi sebesar 0,86 dengan kategori valid. Kemudian untuk hasil praktikalitas yang diperoleh dari respon peserta didik diperoleh nilai sebesar 94% dalam kategori sangat praktis dan dari respon guru juga sebesar 94% dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian, Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing menggunakan LMS Moodletelahvaliddanpraktis.Sehingga sistem pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang mendukung era revolusi industri 4.0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:45
Last Modified: 09 Feb 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42212

Actions (login required)

View Item View Item