Perbandingan Pemetaan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan Bengkulu Berdasarkan Aspek-aspek Demografi Tahun 2020 Menggunakan Metode Biplot

Mardhatillah, Annisa (2022) Perbandingan Pemetaan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan Bengkulu Berdasarkan Aspek-aspek Demografi Tahun 2020 Menggunakan Metode Biplot. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_ANNISA_MARDHATILLAH_18037008_1212_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aspek-aspek demografi yang dibahas dalam statistika kependudukan yaitu kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian dan migrasi. Aspek-aspek demografi menjadi faktor yang berpengaruh dalam pembangunan suatu negara. Indonesia merupakan negara yang memiliki permasalahan terhadap kependudukan. Masalah yang terjadi seperti laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, sebaran penduduk tidak merata dan lain sebagainya. Sumatera Barat dan Bengkulu merupakan wilayah yang memiliki karakteristik yang hampir sama jika dilihat dari kepadatan penduduknya. Kedua wilayah ini sama-sama mengalami kenaikan jumlah penduduk di tahun 2020 dibanding tahun sebelumnya. Jumlah penduduk ini perlu dikendalikan agar permasalahan kependudukan dapat di atasi. Oleh karena itu perlu diketahui Kabupaten/Kota mana yang mengalami masalah berdasarkan aspek-aspek demografi tahun 2020 di Sumatera Barat maupun Bengkulu. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode biplot. Biplot digunakan untuk mempermudah interpretasi data yang memiliki banyak variabel pada beberapa objek. Informasi yang didapatkan pada analisis ini berupa objek dan peubah dalam satu gambar. Ada empat hal penting yang dapat diperoleh dari analisis biplot, diantaranya dapat melihat keragaman dari setiap variabel, kedekatan antar objek yang diamati, korelasi antar variabel, serta nilai variabel pada suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan masing-masing Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan Bengkulu. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPS. Variabel yang digunakan ada 3 aspek demografi yaitu kelahiran, migrasi dan perceraian. Objek pada penelitian ini yaitu 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan 10 Kabupaten/Kota di Bengkulu. Hasil pada biplot memberikan informasi bahwa pemetaan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat berdasarkan aspek-aspek demografi menghasilkan 6 kelompok. Kependudukan Sumatera Barat di Kabupaten/Kota pada kelompok 1, 2, 3, 4 dan 5 yang perlu dikendalikan. Pada pemetaan Kabupaten/Kota di Bengkulu berdasarkan aspek-aspek demografi juga menghasilkan 5 kelompok. Kependudukan Bengkulu di Kabupaten/Kota pada kelompok 1, 2, 3 dan 4 yang perlu dikendalikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:29
Last Modified: 09 Feb 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42193

Actions (login required)

View Item View Item