Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Aspareski, Ahmad (2022) Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AHMAD_ASPARESKI_18086002_2360.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar PJOK siswa SMANegeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK siswa SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Batahan yang berjumlah 117 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling, sebanyak 20% dari populasi, berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk kebugaran jasmani melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), motivasi belajar dengan menggunakan kuesioner, sedangkan hasil belajar PJOK diambil dari nilai rapor semester juli-desember siswa yang terpilih sebagai sampel. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan koefisien korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, ditandai dengan hasil yang diperoleh rhitung 0,530 > rtabel 0,404, 2). Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, ditandai dengan hasil yang diperoleh rhitung 0,517 > rtabel 0,404, 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dan motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, ditandai dengan hasil yang diperoleh rhitung 0,686 > rtabel 0,404, 4). Kebugaran jasmani dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi 47,15% terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorDarni, DarniUNSPECIFIED
CorrectorSasmitha, WenyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Hasil Belajar PJOK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:12
Last Modified: 09 Feb 2023 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42192

Actions (login required)

View Item View Item