Putra, Putra
(2022)
Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran
Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility
(CSR): Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di
Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2020.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh
profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini
adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2016 – 2020 yaitu 193 perusahaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling dimana jumlah sampel dalam penelitian
ini sebanyak 385 sampel. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder
yang diperoleh dari website www.idx.co.id dan website perusahaan. Metode
analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel Ukuran
perusahaan yang diukur dengan Logaritma Natural dari total aset berpengaruh
signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR pada Perusahaan Manufaktur
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai tahun 2020
sedangkan variabel Profitabilitas yang diukur menggunakan Return On Asset dan
variabel Leverage yang diukur menggunakan Debt Equity Ratio tidak
berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR pada Perusahaan
Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai
tahun 2020.
Actions (login required)
|
View Item |