Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Persamaan Kuadrat Bagi Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Padang

Efendi, Anisa Yanti (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Persamaan Kuadrat Bagi Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANISA_YANTI_EFENDI_17029057_1613_2022.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika salah satunya yaitu peserta didik memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI SMKN 2 Padang pada materi persamaan kuadrat masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan penggunaan media berupa powerpoint dan pdf belum optimal meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Oleh sebab itu, dikembangkan multimedia interaktif berbasis android pada pembelajaran matematika dengan menggunakan software Smart Apps Creator yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp dengan tahapan, yaitu: tahap investigasi awal, tahap pengembangan, dan tahap penilaian, namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan dua tahap saja. Instrumen pada penelitian ini berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Media yang dikembangkan diujicobakan pada tiga peserta didik pada One-to-one Evaluation dan enam peserta didik pada Small Group Evaluation dengan kemampuan kognitif berbeda. Hasil analisis data menunjukkan, multimedia interaktif yang valid dan praktis ini memiliki karakteristik yaitu: (a) materi yang digunakan sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator, (b) materi yang disajikan sistematis dapat menambah pemahaman konsep peserta didik terkhusus pada materi persamaan kuadrat, (c) penggunaan bahasa yang tepat, (d) pemilihan musik, background, tombol-tombol, jenis, warna, dan ukuran huruf yang digunakan sudah tepat, (e) serta menumbuhkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:24
Last Modified: 09 Feb 2023 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42183

Actions (login required)

View Item View Item