Analisis Kausalitas Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Putra, Panca Gunawan (2022) Analisis Kausalitas Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_09_PANCA_GUNAWAN_PUTRA_17060125_5735_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Hubungan kausalitas pengangguran dengan indeks pembangunan manusia, (2) Hubungan kausalitas pertumbuhan ekonomi dengan indeks pembangunan manusia, (3) Hubungan kausalitas ketimpangan pendapatan dengan indeks pembangunan manusia, (4) Hubungan kausalitas pertumbuhan ekonomi dengan pengangguran, (5) Hubungan kausalitas ketimpangan pendapatan dan pengangguran, (6) Hubungan kausalitas ketimpangan pendapatan dan pertumbuhan ekonom, (7) Hubungan jangka panjang dan jangka pendek indeks pembangunan manusia, pengangguran, pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan pendapatan di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data panel dari 34 Provinsi di Indonesia selama periode 2011-2020. Metode analisis yang digunakan adalah Panel Vector Error Correction Model (PVECM) dan Panel Granger Causality Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan : (1) Kausalitas dua arah antara pengangguran ke indeks pembangunan manusia, (2) Pertumbuhan ekonomi ke indeks pembangunan manusia, (3) Ketimpangan pendapatan ke indeks pembangunan manusia, (4) Pertumbuhan ekonomi ke pengangguran, (5) Ketimpangan pendapatan ke pengangguran, (6) Ketimpangan pendapatan ke pertumbuhan ekonomi, (7) Terdapat hubungan jangka panjang pengangguran terhadap indeks pembangunan manusia yang berpengaruh positif, pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembangunan manusia yang berpengaruh negatif dan ketimpangan pendapatan terhadap indeks pembangunan manusia yang berpengaruh negatif. Selanjutnya dalam jangka pendek pengangguran terhadap indeks pembangunan manusia yang berpengaruh positif, pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembangunan manusia yang berpengaruh positif dan hubungan yang negatif antara ketimpangan pendapatan terhadap indeks pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnis, AliUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, ZulUNSPECIFIED
CorrectorAriusni, AriusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KAUSALITAS INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, PERTUMBUHAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:40
Last Modified: 08 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42161

Actions (login required)

View Item View Item