Pengaruh Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi

Fadila, Nurul (2022) Pengaruh Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_NURUL_FADILA_18053119_5000_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pengaruh Adversity Quotient terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi, (3) Pengaruh Adversity Quotient dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi. Sampel yang digunakan sebanyak 83 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Hasil Belajar Administrasi Keuangan. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis regresi analisis ganda, uji F, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Adversity Quotient berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi dengan nilai Sig 0.001<0.05, Kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK N 2 Bukittinggi dengan Sig 0.021<0.05. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 21.9

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSyanwil, SyanwilUNSPECIFIED
CorrectorArmida, ArmidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, ADVERSITY QUOTIENT, KEMANDIRIAN BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:01
Last Modified: 07 Feb 2023 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42159

Actions (login required)

View Item View Item