Lara, Melly Pefi
(2022)
Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM), Harga,
dan Layanan Cash on Delivery (COD) terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen pada Aplikasi e-Commerce di Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of
mouth (eWOM), harga, dan layanan cash on delivery (COD) terhadap keputusan
pembelian konsumen pada aplikasi e-commerce di Pesisir Selatan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah msyarakat yang memiliki
aplikasi e-commerce dan sampel yang digunakan adalah masyarakat yang memiliki
aplikasi e-commerce di Pesisir Selatan minimal memiliki salah satu aplikasi e-commerce walaupun belum untuk belanja online hanya sekedar melihat-lihat saja.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 170 responden.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online (google form) dan
pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. (1) Electronic word of mouth
(eWOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen pada aplikasi e-commerce di Pesisir Selatan. (2) Harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada aplikasi e-commerce di Pesisir Selatan. (3) Layanan cash on delivery (COD) tidak signifikan
atau tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada aplikasi e-commerce di Pesisir Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan
pembelian secara positif dan signifikan dipengaruhi oleh electronic word of mouth
(eWOM) dan harga, namun tidak dipengaruhi oleh layanan cash on delivery (COD)
Actions (login required)
|
View Item |