Handrayni, Hilda
(2022)
Pemanfaatan Endorsement untuk Pemasaran Produk Menggunakan Istagram
pada Ratatia Rattan Handmade di Pekanbaru.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari
pemanfaatan endorsement untuk pemasaran produk menggunakan Instgram pada
Ratatia Rattan Handmade serta bagaimana dampak dari pemanfaatan endorsement
melalui Instagram pada Ratatia Rattan Handmade. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode analisis deskriptif kualitatif,
dengan model analisis interaktif, ada tiga komponen pokok dalam analisis data ini
yaitu reduksi data ,penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ratatia Rattan
Handmade sebelum melakukan endorsement terlebih dulu melakukan analisis
STP dan Marketing Mix 7 P, pada konsep promosi Ratatia menanfaatkan
promotion mix. Efektifitas endorsement akan diperoleh setalah beberapa kali
melakukan endorsement dan menggabungkannya dengan strategi marketing lain.
Ratatia haruslah melakukan pemilihan calon endorser yang tepat guna
meminimalisir ancman dan kekurangan dari endorsement. Seleksi para selebriti
pendukung periklanan pun di pertimbangkan, ada beberapa faktor yang menjadi
pertimbangan ketika memilih endorser yaitu kredibilitas selebriti, kecocokan
selebriti dengan merek, daya tarik selebriti dan pertimbangan lainnya. yang
kemudian strategi ini digabungkan degan endorsement untuk meningkatkan
kredibilitas produk, citra merek, brand awaranees serta meningkatkan omzet
penjualan
Actions (login required)
|
View Item |