Arryanda, Fatiah Alifah
(2022)
Kualitas Pelayanan Perpajakan Berdasarkan Persepsi Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan
perpajakan berdasarkan persepsi wajib pajak di KPP Pratama Padang Satu.
Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu yang
beralamat di Jl.Bagindo Aziz Chan No.26 Sawahan, Kota Padang, Sumatera
Barat. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan yang
terdaftar sebanyak 12.333 orang. Pengambilan sampel yang digunakan
menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, dengan
menggunakanmetode Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif Tingkat Capaian Responden (TCR) dengan
presentase yang didapat 85% dari 8.066 skor yang diperoleh.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpajakan dari 5
indikator dimensi service quality (Tangibels, Reliability, Responsiveness,
Assurance, dan Empathy) berdasarkan persepsi yang diperoleh dari wajib pajak
dikategorikan baik, walaupun kualitas pelayanan sudah termasuk dalam
pelayanan yang baik, namun perlu ditingkatkan lagi untuk mendapatkan hasil
yang lebih maksimal, agar Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu mampu
memberikan jasa pelayanan yang terbaik terhadap wajib pajak
Actions (login required)
|
View Item |