Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Transportasi, Utilitas, dan Infrastruktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020

Fadhilah, Kuntum Ayu (2022) Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Transportasi, Utilitas, dan Infrastruktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_KUNTUM_AYU_FADHILAH_18043039_6095_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan dengan dua indikator yaitu struktur kepemilikan manajerial, dan struktur kepemilikan institusional terhadap kualitas pelaporan keuangan tahunan perusahaan. Tujuan penelitian ini ada dua, yaitu : pertama untuk mengukur apakah struktur kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan tahunan pada perusahaan sektor transportasi, utilitas, dan infrastruktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020; kedua untuk mengukur apakah struktur kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kualitas pelaporan keuangan tahunan pada perusahaan sektor transportasi, utilitas, dan infrastruktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor transportasi, utilitas, dan infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 150 sampel penelitian dari 50 perusahaan sektor transportasi, utilitas dan infrastruktur yang melakukan observasi dari tahun 2018 – 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang dipublikasikan oleh Indonesia Stock Exchange (IDX) dan dapat diakses melalui situs web www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan data panel karena terdiri dari beberapa perusahaan dan beberapa tahun penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan tahunan perusahaan, dan kepemilikan institusional juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelaporan keuangan tahunan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
CorrectorNelvrita, NelvritaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR KEPEMILIKAN MANAJERIAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jan 2023 10:34
Last Modified: 27 Jan 2023 10:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42087

Actions (login required)

View Item View Item