Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 16 Padang

Nasution, Agiestina (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMPN 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AGIESTINA_NASUTION_17029002_1569_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX SMPN 16 Padang bisa dikatakan rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik belum difasilitasi perangkat pembelajaran yang membangun pemahaman konsep peserta didik. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk kelas IX SMP/MTs. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan dinilai berdasarkan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini dikategorikan penelitian pengembangan (desain research) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu investigasi awal, tahap pengembangan/pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik bentuk media pembelajaran yang dikembangkan. Pada tahap pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan LKPD dengan tiga karakteristik yaitu interface (tampilan), content (isi), dan support (bahasa dan keterbacaan). Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada tahap validasi LKPD yaitu memperoleh skor 3,25 dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas diperoleh nilai kepraktisan dengan skor 3,43 dengan kategori sangat praktis. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning sudah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Jan 2023 10:34
Last Modified: 27 Jan 2023 10:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42086

Actions (login required)

View Item View Item