Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Putri, Kiki Sonia (2022) Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_KIKI_SONIA_PUTRI_17059019_4055_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kesehatan bank terhadap harga saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk menilai tingkat kesehatan perusahaan perbankan digunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings dan Capital). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2019. Sedangkan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 231 sampel bank. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh website Bursa Efek Indonesia dan website resmi masing-masing bank. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan bank berupa riskprofile dalam bentuk risiko likuiditas (LDR) dan risiko pasar (NIM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, sementara risiko kredit (NPL) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Selanjutnya good corporate governance (GCG), earnings (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham sedangkancapital (CAR) tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasdupi, ErniUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, RosyeniUNSPECIFIED
CorrectorZulfia, Yulanda FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINGKAT KESEHATAN BANK, BURSA EFEK INDONESISA
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:03
Last Modified: 27 Jan 2023 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42076

Actions (login required)

View Item View Item