Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Aplikasi WA Forum dalam upaya meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SMAN 1 Ranah Pesisir Selama Pandemi Covid 19

Fitriani, Kesi (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Aplikasi WA Forum dalam upaya meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SMAN 1 Ranah Pesisir Selama Pandemi Covid 19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_KESI_FITRIANI_17053020_3830_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan aplikasi whatsapp forum terhadap motivasi belajar siswa disekolah SMAN 1 Ranah Pesisir pada saat pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS versi 16.0. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan staf pendidik/ Guru SMAN 1 Ranah Pesisir yang menerapkan model dan media sesuai dengan peneliti lakukan. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan total 35 responden. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan analisis deskriptif uji normalitas, uji homogentias varians, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan penggunaan aplikasi whatsapp forum dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah SMAN 1 Ranah Pesisir. Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diharapkan guru dapat menjadikan whatsapp forum sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Bagi peserta didik harus mampu meningkatkan motivasi belajar pada dirinya dengan memanfaatkan media whatsapp forum dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan bagi sekolah, harus dapat memfasilitasi guru pada saat proses pembelajaran daring di sekolah SMAN 1 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmida, ArmidaUNSPECIFIED
CorrectorArita, SriUNSPECIFIED
CorrectorOknaryana, OknaryanaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, WHATSAPP FORUM, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:02
Last Modified: 27 Jan 2023 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item View Item