Pengembangan Model Penemuan Terbimbing berbasis Reflective Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Short Esai Mahasiswa

Ayu, Citra (2022) Pengembangan Model Penemuan Terbimbing berbasis Reflective Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Short Esai Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_CITRA_AYU_17169028_4094_2022.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching untuk meningkatkan keterampilan menulis short esai mahasiswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya model pengajaran menulis esai pendek pada pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan pendekatan reflective teaching di dalam kelas. Dosen di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai belum pernah menerapkan pendekatan reflective teaching di dalam perkuliahan. Hal ini berdampak pada keterampilan mahasiswa dalam menulis esai pendek dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang berupa hasil dari in strumen pengumpulan data dan observasi langsung terhadap mahasiswa serta wawancara langsung dengan dosen. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis melalui program aplikasi SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh suatu model pembelajaran penemuan terbimbing berbasis reflective teaching. Model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis short esai yang dikembangkan dan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Tingkat validitas buku model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching yaitu 4,29 dengan kategori sangat valid. Tingkat validitas buku dosen model penemuan terbimbing berbasis reflective teachingyaitu 4,23 dalam kategori sangat valid. Tingkat validitas buku mahasiswa model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching yaitu 4,25 yang berkategori sangat valid. Dalam hal ini, uji coba praktikalitas mendapatkan hasil bahwa tingkat praktikalitas buku dosen menurut dosen dalam persentase yaitu 70,73 dengan berkategori praktis. Sedangkan tingkat praktikalitas dari buku model dalam persentase adalah 70,56 dan berkategori praktis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, produk penelitian ini dapat digunakan dengan mudah sebab telah memenuhi kriteria praktikalitas. Sementara itu, pada hasil uji efektivitas diketahui bahwa rata-rata nilai post test mahasiswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pre test. Dalam hal ini, rata-rata nilai post test sebesar 76, 25 dan rata-rata nilai pre test sebesar 64,5. Terjadi peningkatan nilai mahasiswa sebelum dan setelah penerapan model penemuan terbimbing berbasis reflective teaching yang telah dapat meningkatkan keterampilan menulis short esai mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
Thesis advisorRefnaldi, RefnaldiUNSPECIFIED
CorrectorMukhaiyar, MukhaiyarUNSPECIFIED
CorrectorHamzah, HamzahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:01
Last Modified: 27 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42057

Actions (login required)

View Item View Item