Pengembangan Model Individual as Actor Berbantuan Animasi Edutainment dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek di SMKS APIPSU Medan

Suprayetno, Edy (2022) Pengembangan Model Individual as Actor Berbantuan Animasi Edutainment dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek di SMKS APIPSU Medan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_EDY_SUPRAYETNO_17169032_5834_2022.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis cerita pendek lebih terkesan membosankan dan membuat siswa tidak merasakan senang, sehingga kurang diminati oleh siswa, karena faktor penyebab utama terletak pada model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Siswa diajarkan teori tentang menulis cerita pendek, tetapi siswa tidak dilatih secara komperhensif menulis cerita pendek. Hal ini perlu dicari solusinya untuk pembelajaran menulis cerita pendek. Kalau tidak diselesaikan akan berdampak pada ketidaksesuaian capaian pembelajaran. Solusi yang ditawarkan peneliti adalah mengembangkan sebuat produk berupa model individual as actor berbantuan animasi edutainment. Intervensi dibangun melalui penelitian design research yang terdiri dari beberapa tahapan, yakni: 1) penelitian pendahuluan (preliminary research): 2) tahap prototype (prototyping fase): 3) tahap penilaian (assessment phase). Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMKS APIPSU Medan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi keterampilan menulis cerpen. Uji produk penelitian terdiri dari buku model, buku siswa, dan buku guru yang telah divalidasi oleh 5 pakar yang berkompeten sesuai bidangnya. Uji praktikalitas produk dilakukan oleh siswa satu per satu dan dalam kelompok kecil. Tolak ukur praktikalitas dilihat dari segi kemudahan, manfaat dan daya tarik produk. Uji efektivitas dilakukan dengan mengobservasi dan menilai implementasi model individual as actor berbantuan animasi edutainment pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan lembar observasi dan intrumen asesmen desain penelitian static group comparation. Tingkat efektivitas didapat dengan membandingkan pencapaian menulis cerita pendek antara model individual as actor berbantuan animasi edutainment dengan model konvensional. Analisis deskripsi nilai rata-rata dilakukan terhadap data validasi dan praktikalitas, data efektivitas dianalisis menggunakan f test. Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa model individual as actor berbantuan animasi edutainment mempunyai tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas yang baik. Keseluruhan aspek ini dinilai praktis dan efektif oleh pengguna guru dan siswa. Pencapaian menulis cerita pendek dengan model individual as actor berbantuan animasi edutainment lebih baik daripada pencapaian siswa yang belajar dengan model konvensional. Dari hasil penelitian terbukti bahwa model individual as actor berbantuan animasi edutainment dapat meningkatkan menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Thesis advisorSyahrul, RUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:59
Last Modified: 27 Jan 2023 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42055

Actions (login required)

View Item View Item