Kumala, Intan
(2022)
Pengaruh Dimensi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Kepuasan Konsumen di pada Industri Rumah Tangga Hj. Rukmini Kota Batusangkar Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dengan variabel product, price, place, promotion terhadap kepuasan konsumen pada industri rumah tangga kerupuk kulit Hj. Rukmini di Kota Batusangkar Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendeketan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling, yaitu siapa saja pelanggan/konsumen yang penulis temui yang sedang berbelanja di Usaha Industri Rumah Tangga Kerupuk Kulit Ibuk Hj. Rukmini Kota Batusangkar Tanah Datar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji F (simultan), uji T (parsial), dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), Promosi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Dan variabel produk dan promosi masing-masing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel harga dan lokasi masing-masing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil R Square (R2) sebesar 0,629 (62,9%) yang artinya variabel independen (product, price, place dan promotion) mempengaruhi variabel dependen (kepuasan konsumen) sebesar 62,9% sedangkan sisanya sebesar 37,1% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |