Pengembangan Materi Ajar Pengantar Sosiologi Responsif Gender

Hermawati, Hermawati (2022) Pengembangan Materi Ajar Pengantar Sosiologi Responsif Gender. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_HERMAWATI_19447_6120_2022.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya masalah gender menjadi perbincangan meski telah banyak kebijakan yang mengatur untuk terciptanya kesetaraan dan keadilan gender. Islam telah menetapkan standar prinsip-prinsip kesetaraan dalam al-qur’an, namun dalam prakteknya tetap saja terjadi ketidaksetaraan. Untuk itu dianggap perlu adanya integrasi gender dalam materi ajar khususnya pengantar sosiologi dengan harapan mahasiswa dapat memahami masalah gender dengan baik. Dengan mengintegrasikan gender melalui materi ajar dimungkinkan mahasiswa bisa memahami masalah gender dan dapat bersikap serta mencarikan solusi dalam pemecahan masalah gender dalam kehidupannya. Dengan demikian diharapkan tercipta kehidupan yang adil dan setara dalam masyarakat sekaligus meretas permasalahan kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE. Produk yang dihasilkan adalah modul materi ajar pengantar sosiologi responsif gender disertai perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPS. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kebutuhan pengembangan materi ajar dan data validitas produk pengembangan materi ajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara untuk analisis kebutuhan serta lembar instrumen validasi untuk menguji validitas produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk data kuantitatif analisis data dilakukan dengan menguji reliabilitas dan validitas serta kekonsistenan data. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang tentang gender adalah rendah karena itu diperlukan materi ajar yang terintegrasi gender (2) Pengembangan materi ajar responsif gender dalam mata kuliah pengantar sosiologi dinilai sangat valid untuk peningkatan pemahaman mahasiswa tentang isu-isu gender (3) Tingkat kelayakan pengembangan materi ajar pengantar sosiologi responsif gender di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dinilai sangat layak, artinya produk yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SitiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:58
Last Modified: 27 Jan 2023 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42052

Actions (login required)

View Item View Item