Rambe, Malim Soleh
(2022)
Pengembangan Model Bimbingan Kelompok
Berbasis Islami (BKp-I) untuk Meningkatkan Kejujuran Diri Siswa Madrasah.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya pemahaman dan
kemampuan siswa dalam menerapkan kejujuran di sekolah sehingga
menimbulkan kemerosotan nilai dan moral. Guru bimbingan dan konseling telah
melakukan berbagai upaya baik kuratif maupun preventif untuk menanggulangi
ketidakjujuran siswa yang terjadi karena lemahnya aqidah dan moral di sekolah.
Berbagai layanan bimbingan dan konseling yang telah diberikan belum
menampakkan hasil yang optimal terhadap peningkatan pemahaman dan
penerapan kejujuran siswa. Layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk
memperbaiki perilaku jarang dilakukan di sekolah, jika dilakukan itupun hanya
menggunakan cara konvensional sehingga belum terlalu berdampak pada
peningkatan pemahaman dan penerapan kejujuran siswa. Berdasarkan kondisi ini,
maka perlu dikembangkan model bimbingan kelompok berbasis islami (BKp-I).
Pemanfaatan pendekatan islam yang secara khusus membahas tentang berbagai
kesalahan dalam berperilaku berdasarkan Al-Qur’an dan hadist dinilai efektif
untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan kejujuran diri siswa. Model BKpI
dikembangkan berdasarkan teori model bimbingan kelompok, teori analisis
transaksional dan teori ukhuwwah Islamiyah Imam Al-Ghazali. Prosedur
pengembangan BKp-I menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop,
Implementastion, and Evaluation). Data dalam penelitian dikumpulkan
menggunakan instrumen skala kejujuran diri siswa, pedoman wawancara dan
pedoman observasi. Uji validitas produk dilakukan pada tahap develop yang
melibatkan pakar sesuai bidang keahliannya. Uji validitas buku model dan buku
panduan BKp-I meliputi aspek isi, bahasa dan desain. Uji praktikalitas model
BKp-I dilakukan dengan melibatkan para praktisi di lapangan untuk menilai
keterpakaian, kebermanfaatan dan kemudahan dalam menerapkan model BKp-I.
Uji efektivitas terhadap model BKp-I dilakukan dengan rancangan penelitian
quasi experiment pada kelompok eksperimen dan kontrol di MAN 1 Padang. Uji
efektivitas dilakukan dengan membandingkan kejujuran diri siswa pada kelompok
dengan menggunakan model BKp-I dan BKp konvensional. Teknik analisa data
pada uji efektivitas dilakukan dengan uji Wilcoxon Rank Test dan uji Mann
Whitney U. Penelitian ini menghasilkan buku model BKp-I dengan media
pendukung buku panduan BKp-I yang valid dan praktis untuk digunakan serta
skala kejujuran diri siswa yang valid dan reliabel. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa model BKp-I efektif untuk meningkatkan pemahaman
dan kemampuan penerapan kejujuran diri siswa di madrasah.
Actions (login required)
|
View Item |