Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami (BKp-I) untuk Meningkatkan Kejujuran Diri Siswa Madrasah

Rambe, Malim Soleh (2022) Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami (BKp-I) untuk Meningkatkan Kejujuran Diri Siswa Madrasah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_MALIM_SOLEH_RAMBE_19169015_4888_2022.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam menerapkan kejujuran di sekolah sehingga menimbulkan kemerosotan nilai dan moral. Guru bimbingan dan konseling telah melakukan berbagai upaya baik kuratif maupun preventif untuk menanggulangi ketidakjujuran siswa yang terjadi karena lemahnya aqidah dan moral di sekolah. Berbagai layanan bimbingan dan konseling yang telah diberikan belum menampakkan hasil yang optimal terhadap peningkatan pemahaman dan penerapan kejujuran siswa. Layanan bimbingan kelompok yang efektif untuk memperbaiki perilaku jarang dilakukan di sekolah, jika dilakukan itupun hanya menggunakan cara konvensional sehingga belum terlalu berdampak pada peningkatan pemahaman dan penerapan kejujuran siswa. Berdasarkan kondisi ini, maka perlu dikembangkan model bimbingan kelompok berbasis islami (BKp-I). Pemanfaatan pendekatan islam yang secara khusus membahas tentang berbagai kesalahan dalam berperilaku berdasarkan Al-Qur’an dan hadist dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan kejujuran diri siswa. Model BKpI dikembangkan berdasarkan teori model bimbingan kelompok, teori analisis transaksional dan teori ukhuwwah Islamiyah Imam Al-Ghazali. Prosedur pengembangan BKp-I menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementastion, and Evaluation). Data dalam penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen skala kejujuran diri siswa, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji validitas produk dilakukan pada tahap develop yang melibatkan pakar sesuai bidang keahliannya. Uji validitas buku model dan buku panduan BKp-I meliputi aspek isi, bahasa dan desain. Uji praktikalitas model BKp-I dilakukan dengan melibatkan para praktisi di lapangan untuk menilai keterpakaian, kebermanfaatan dan kemudahan dalam menerapkan model BKp-I. Uji efektivitas terhadap model BKp-I dilakukan dengan rancangan penelitian quasi experiment pada kelompok eksperimen dan kontrol di MAN 1 Padang. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan kejujuran diri siswa pada kelompok dengan menggunakan model BKp-I dan BKp konvensional. Teknik analisa data pada uji efektivitas dilakukan dengan uji Wilcoxon Rank Test dan uji Mann Whitney U. Penelitian ini menghasilkan buku model BKp-I dengan media pendukung buku panduan BKp-I yang valid dan praktis untuk digunakan serta skala kejujuran diri siswa yang valid dan reliabel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model BKp-I efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan penerapan kejujuran diri siswa di madrasah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:47
Last Modified: 26 Jan 2023 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42048

Actions (login required)

View Item View Item