Model Blended Project-Based Learning berbasis Produksi pada Mata Kuliah Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak

Adri, Muhammad (2022) Model Blended Project-Based Learning berbasis Produksi pada Mata Kuliah Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Muhammad_Adri_14193040_6599_2022.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Global Entrepreneurship Indeks (GEI), merupakan sebuah indeks untuk mengukur entrepreneurship ecosystem pada suatu negara, dan Indonesia berada pada rangking 94 dunia dan paling bawah dari 7 negara Asia Tenggara, yang mengindikasikan masih rendahnya ekosistem wirausaha di Tanah Air, khususnya pada aspek pilar startup skill, human capital, technology absorbtion dan innovation process. Rendahnya GEI ini salah satunya ditandai oleh tingginya angka TPT, dan perguruan tinggi menyumbang 6,89% (diploma) dan 6,24% (universitas), dengan total 7, 01 juta orang. Oleh karena itu perguruan tinggi harus menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan skill ber-teknologi yang baik serta memiliki jiwa inovasi dan wirausaha yang ter-internalisasi pada setiap mata kuliah keahlian yang ditawarkan. Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu kompetensi utama dalam bidang informatika pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika, salah satu mata kuliah dalam kompetensi ini adalah Analisis dan Perancangan Perangkat Lunak (APPL). Permasalahan utama yang dihadapi mahasiswa dalam mata kuliah APPL adalah konten materi yang penuh dengan teori rekayasa perangkat lunak, sehingga sulit untuk mendapatkan langkah nyata pengembangan perangkat lunak. Maka perlu upaya untuk menambahkan unsur best-practice ke dalam mata kuliah ini. Penelitian ini mengembangkan suatu model lingkungan belajar blended learning dengan integrasi project-based learning dan pendekatan production untuk menjawab permasalahan belajar mahasiswa. Pengembangan model ini menggunakan pendekatan sistematik desain instruksional ADDIE. Penelitian ini telah menghasilkan produk: 1) Buku Model BPBL berbasis Produksi, 2) Buku Perangkat Pembelajaran, 3) Buku Modul Ajar, 4) Buku Panduan Dosen, 5) Buku Panduan Mahasiswa dan 6) Buku Instrumen. Model dan semua produk telah diuji Validaitas, Praktikalitas dan Efektifitasnya menggunakan Aiken’s V dan Konstruk Model dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Penelitian ini menghasilkan model baru yang disebut dengan BPBL berbasis Produksi, terdiri dari 8 sintaks yaitu: 1) Learning Analysis, 2) Course Material & Activities Access, 3) Project & Product Definition, 4) Design of Project & Product Step, 5) Schedule of Project & Product, 6) Project & Product Process, 7) Periodical Evaluate of Project & Product, dan 8) Product Promotion & Business Plan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
Thesis advisorJama, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorJalinus, NizwardiUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, HansiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:45
Last Modified: 26 Jan 2023 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42046

Actions (login required)

View Item View Item