Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komunikasi Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Efektivitas Kepemimpinan Program Studi Universitas Islam Negeri (PTKIN) Sumatera Barat

Zakia, Rahima (2022) Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Komunikasi Organisasi, dan Komitmen Organisasi terhadap Efektivitas Kepemimpinan Program Studi Universitas Islam Negeri (PTKIN) Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Other (pdf)
B1_08_RAHIMA_ZAKIA_51793_4348_2022.PDF

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, budaya kepemimpinan, motivasi kerja, komunikasi organisasi, dan komitmen organisasi terhadap efektivitas kepemimpinan program studi. Alasannya adalah mayoritas kepala departemen tidak mampu. melakukan deskripsi pekerjaan atau tanggung jawab yang diberikan. Hal ini disebabkan beberapa diantaranya belum mampu mengarahkan, mengendalikan, dan mengintegrasikan berbagai kegiatan kampus. Jam mengajar mereka juga kelebihan beban, yakni lebih dari 18 SKS yang mempengaruhi kualitas mereka dalam melayani mahasiswa dan dosen. Diasumsikan bahwa budaya organisasi, budaya kepemimpinan, motivasi kerja, komunikasi organisasi, dan komitmen organisasi berpengaruh kuat dengan efektivitas kepemimpinan program studi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ketua dan sekretaris jurusan studi (123) di PTKIN Sumatera Barat. Sampel penelitian ini (96) dipilih dengan menggunakan stratified proporsional random sampling dengan skala likert. Analisis data menggunakan teknik korelasi, regresi, dan analisis jalur menggunakan SPSS. Temuan penelitian ini mengungkapkan lima (5) pengaruh. Pertama, budaya organisasi dan komunikasi organisasi berkorelasi langsung secara signifikan terhadap komitmen organisasi pimpinan program studi. Kedua, budaya organisasi, motivasi kerja, dan komitmen organisasi berhubungan langsung secara signifikan dengan efektivitas kepemimpinan program studi.Ketiga, komunikasi organisasi tidak berberpengaruh langsung dengan efektivitas kepemimpinan kepala jurusan. Keempat, budaya organisasi, motivasi kerja, dan komitmen organisasi tidak berpengaruh langsung secara signifikan dengan komitmen organisasi terhadap efektivitas kepemimpinan program studi. Terakhir, komunikasi organisasi tidak secara langsung berpengaruh melalui komitmen organisasi terhadap efektivitas kepemimpinan program studi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarsidin, SufyarmaUNSPECIFIED
Thesis advisorRusdinal, RusdinalUNSPECIFIED
CorrectorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:31
Last Modified: 26 Jan 2023 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42043

Actions (login required)

View Item View Item