Model Pembelajaran Connected to Political Education (CPE) dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Literasi Politik Pemilih Pemula

Fernandes, Reno (2022) Model Pembelajaran Connected to Political Education (CPE) dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Literasi Politik Pemilih Pemula. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_RENO_FERNANDES_19169026_6600_2022.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pendidikan politik kepada pemilih pemula adalah sesuatu yang urgen dilakukan. Mengingat indeks demokrasi Indonesia berada pada posisi yang cacat pada tahun 2020. Pemilih pemula merupakan kelompok dominan dalam setiap penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Berdasarkan data awal penelitian ini, didapatkan nilai literasi politik siswa hanya 55.05 dengan kriteria rendah. Sementara pendidikan politik yang diberikan oleh penyelenggara pemilu sangat terbatas. Oleh karena itu penelitian ini mengembangkan Model Pembelajaran Connected to Political Education (C-PE) dalam pembelajaran Sosiologi. Model pembelajaran C-PE merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran Sosiologi secara terintegrasi dengan pendidikan politik. Model pembelajaran C-PE dirancang terdiri dari 6 sintaks dinataranya Stimulation, Problem Statement, Data collection, Connected, Verification, Generalisasi & Literacy Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahapan analysis dilakukan analisis kurikulum, analisis pembelajaran, analisis literasi politik peserta didik dan studi literatur. Pada tahapan desain dilakukan mendesain buku model C-PE, buku siswa dan buku Guru. Pada tahapan ini juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya tahap Development dilakukan penyusunan prototipe buku model, buku siswa dan buku guru, validasi dan Reliabilitas buku buku model, buku siswa dan buku guru. uji coba terbatas. Kemudian tahap implementation dilakukan pretest, pelaksanaan model dan posttest. Proses implementasi dilaksanakan di SMA Laboratorium Pembangunan UNP dan SMA Negeri 7 Padang. Tahapan terakhir evaluation. tahapan ini adalah analisis data keterlaksanaan dan efektifitas produk diperoleh melalui eksperimen dengan rancangan randomized control group pretest-posttest design. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji validitas menunjukan bahwa produk model pembelajaran C-PE secara keseluruhan memiliki kriteria sangat valid. Masing-masing produk memiliki nilai Aiken V 0,88 untuk buku model, 0,86 untuk buku siswa dan 0,91 untuk buku Guru. Secara praktikalitas, didapatkan nilai 87,9 atau sangat praktis menurut siswa; nilai dari guru 89,8 atau sangat praktis. Lebih lanjut, hasil efektivitas menyatakan bahwa model pembelajaran C-PE efektif. Berdasarkan hasil uji-t, di SMA laboratorium pembangunan UNP dan SMAN 7 Padang didapatkan nilai sig (2 – tailed) 0,000 < 0,05. Data tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan literasi politik pada siswa SMA kelas XII yang diajarkan menggunakan model pembelajaran C-PE. Kesimpulan substantif penelitian ini memperlihatkan bahwa penerapan model C-PE efektif dalam meningkatkan literasi politik siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnanda, AzwarUNSPECIFIED
Thesis advisorMontessori, MariaUNSPECIFIED
CorrectorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorAmali, ZainudinUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:20
Last Modified: 26 Jan 2023 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42040

Actions (login required)

View Item View Item