Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Quantum Learning di Perguruan Tinggi

Waruwu, Yaredi (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Quantum Learning di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_YAREDI_WARUWU_17169071_5848_2022.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan pengembangan modelpembelajaran membaca berbasis quantum learning di perguruan tinggi. Model ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaranmembaca. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atasempat tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dandiseminasi. Keempat tahap ini dilakukan secara sitematis dan terstruktur. Adapunproduk penelitian ini terdiri atas buku model, buku dosen, dan buku mahasiswa.Setiap produk ini divalidasi oleh validator ahli yang sesuai di bidangnya. Setelah produk divalidasi, langkah berikutnya diujicobakan di kelasmahasiswa yang mengikuti perkuliahan membaca di Universitas PGRI SumateraBarat untuk melihat praktikalitas dan efektivitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar praktikalitas dosen dan mahasiswa, lembarefektivitas mahasiswa, panduan wawancara, dan lembar observasi dosen. Analisisdata dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas hasil validasi,hasil praktikalitas, dan hasil efektivitas model. Untuk melihat perbedaan hasilbelajar, peneliti membandingkan antara hasil laporan bacaan mahasiswa yangmenggunakan model dengan kelas mahasiswa yang tidak menggunakan model. Setelah produk diujicobakan dalam pembelajaran membaca diperoleh hasilsebagai berikut. Pertama, model pembelajaran membaca berbasis quantum learning sangat valid sebesar 4,71% sesuai hasil isian angket validasi darivalidator ahli. Kedua, model pembelajaran membaca berbasis quantum learningpraktis dilihat dari hasil isian angket praktikalitas dari dosen sebesar 97,44%.Ketiga, model pembelajaran membaca berbasis quantum learning efektif dilihatdari persentase hasil belajar sebesar 31,22% dibandingkan dengan hasil belajarmahasiswa yang tidak menggunakan model sebesar 27,23%. Dari hasil penelitianini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modellebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajarankonvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhaiyar, MukhaiyarUNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, IshakUNSPECIFIED
CorrectorZaim, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2023 01:56
Last Modified: 26 Jan 2023 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42038

Actions (login required)

View Item View Item