Waruwu, Yaredi
(2022)
Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis
Quantum Learning di Perguruan Tinggi.
Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan pengembangan modelpembelajaran membaca berbasis quantum learning di perguruan tinggi. Model ini
dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaranmembaca. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atasempat tahap, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dandiseminasi. Keempat tahap ini dilakukan secara sitematis dan terstruktur. Adapunproduk penelitian ini terdiri atas buku model, buku dosen, dan buku mahasiswa.Setiap produk ini divalidasi oleh validator ahli yang sesuai di bidangnya.
Setelah produk divalidasi, langkah berikutnya diujicobakan di kelasmahasiswa yang mengikuti perkuliahan membaca di Universitas PGRI SumateraBarat untuk melihat praktikalitas dan efektivitas. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini terdiri atas lembar praktikalitas dosen dan mahasiswa, lembarefektivitas mahasiswa, panduan wawancara, dan lembar observasi dosen. Analisisdata dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas hasil validasi,hasil praktikalitas, dan hasil efektivitas model. Untuk melihat perbedaan hasilbelajar, peneliti membandingkan antara hasil laporan bacaan mahasiswa yangmenggunakan model dengan kelas mahasiswa yang tidak menggunakan model.
Setelah produk diujicobakan dalam pembelajaran membaca diperoleh hasilsebagai berikut. Pertama, model pembelajaran membaca berbasis quantum
learning sangat valid sebesar 4,71% sesuai hasil isian angket validasi darivalidator ahli. Kedua, model pembelajaran membaca berbasis quantum learningpraktis dilihat dari hasil isian angket praktikalitas dari dosen sebesar 97,44%.Ketiga, model pembelajaran membaca berbasis quantum learning efektif dilihatdari persentase hasil belajar sebesar 31,22% dibandingkan dengan hasil belajarmahasiswa yang tidak menggunakan model sebesar 27,23%. Dari hasil penelitianini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modellebih tinggi dibandingkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajarankonvensional.
Actions (login required)
|
View Item |