Hubungan Optimisme dengan Adaptabilitas Karier Mahasiswa Tahun Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling di Era Society 5.0

Erizon, Teguh Maulana (2022) Hubungan Optimisme dengan Adaptabilitas Karier Mahasiswa Tahun Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling di Era Society 5.0. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Teguh_Maulana_Erizon_18006213_5083_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan adaptabilitas karier pada mahasiswa tahun akhir program studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang di era society 5.0. Optimisme merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa tahun akhir yang akan memasuki dunia karier setelah lulus nantinya dan juga memiliki peran penting agar mahasiswa tidak mudah pesimis dalam menghadapipenyesuaian dan tantangan di dunia karier mereka. Karena dengan optimisme yang tinggi akan membuat mahasiswa lebih yakin dan tekun dalam berusaha mencapai tujuan dan impian yang ingin dicapainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional.Populasi penelitian sebanyak 321 mahasiswa dengan sampel 178 mahasiswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala optimisme dan skala adaptabilitas karier diukur menggunakan model skala Likert.Pada skala optimisme terdapat 30 item dan skala adaptabilitas karier terdapat 24 item. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berskala yang disusun sendiri, dalam pengumpulan data menggunakan aplikasi google forms. Untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan adaptabilitas karier mahasiswa tahun akhir program studi bimbingan dan konseling di era society 5.0digunakan teknik korelasiPearson Product Moment. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Optimisme mahasiswa tahun akhir secara umum berada pada tinggi dengan persentase64.0%, (2) Adaptabilitas karier pada mahasiswa tahun akhir secara umum berada pada kategori tinggi dengan persentase 53.4%.hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif signifikan antara optimisme dengan adaptabilitas karier mahasiswa tahun akhir program studi bimbingan dan konseling di era society 5.0dengan r hitung sebesar 0,356 dengan taraf signifikan 0,000.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorYuca, VerlandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:57
Last Modified: 25 Jan 2023 08:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42035

Actions (login required)

View Item View Item