Pengaruh Celebrity Endorsment Terhadap Minat Pemesanan Make Up Artis Kota Padang

Utami, Syofia Nofrita (2022) Pengaruh Celebrity Endorsment Terhadap Minat Pemesanan Make Up Artis Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SYOFIA_NOFRITA_UTAMI_17078143_1138_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan di temukan bahwa Penggunaan Celebrity endorsement oleh make up artis kota Padang yang belum banyak digunakan dalam memasarkan jasa make up melalui Instagram dan juga Minat pemesanan Make up artis yang pernah menggunakan Celebrity endorsement dalam mempromosikan jasa make up belum optimal.Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui Pengaruh Celebrity Endorsement belum mampu meningkatkan minat Pemesanan Make up artis Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data pada suatu kejadian yang telah berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah instrumen penilaian berupa form penilaian atau angket penilaian yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah make up artis kota Padang dan aktif dalam menggunakan isntagram sebagai media promosi make up, sampel make up artis kota Padang yang aktif menggunakan instagram sebagai media promosi make up dan pernah menggunakan Celebrity endorsement dalam promosi make up tersebut sebanyak 30 orang, yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Teknik analisa statistika deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui perhitungan mean atau rerata (M), median (Me), dan standar deviasi (SD), penelitian ini juga menggunakan uji prasyarat analisi yang mencangkup uji normalitas dan uji regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa variabel Celebrity Endorsment memperoleh rata-rata skor sebesar 97,16 dengan kategori sedang, dan untuk rata-rata skor pada setiap sub indikator untuk variabel Celebrity Endorsment yang pertama sub indikator Visibilitymemperoleh rata-rata skor 34,40 dengan kategori sedang. Credibilitymemperoleh rata-rata skor 22,73 dengan kategori sedang. Attraction memperoleh rata-rata skor 30,73 dengan kategori sedang. Powermemperoleh rata-rata skor 12,50 dengan kategori sedang. Untuk variabel Minat Pemesanan MUA memperoleh rata-rata skor sebesar 99,93 dengan kategori sedang, dan untuk rata-rata skor pada setiap sub indikator untuk variabel minat pemesanan MUA, yang pertama sub indikator Tertarik Mencari Informasi memperoleh rata-rata skor 17,27 dengan kategori sedang. Mempertimbangkan untuk pemesanan memperoleh rata-rata skor 32,36 dengan kategori sedang. Tertarik untuk mencoba memperoleh rata-rata skor 16,47 dengan kategori sedang. Ingin mengetahui jasa memperoleh rata-rata skor 20,06 dengan kategori sedang dan untuk sub infikator ingin memiliki jasa memperoleh skor 13,76 dengan kategori sedang. Uji hipotesi yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana yang memperoleh nilai korelasi atau hubungan yaitu r 0,880 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,766, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Celebrity endorsement) terhadap variabel terikat (minat pemesanan MUA) adalah sebesar 76,6 %. Adapun saran yang bisa diberikan kepada MUA kota Padang untuk selalu meningkatkan promosi make up di media social untuk meningkatkan minat pemesanan makeup mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:54
Last Modified: 25 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42004

Actions (login required)

View Item View Item