Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Praktik Pemangkasan Rambut Teknik Uniform Layer Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padang

Elisa, Nindi (2022) Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Praktik Pemangkasan Rambut Teknik Uniform Layer Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NINDI_ELISA_17078044_1108_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Media video tutorial mempunyai tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan buku teks, media gambar dan media audio. Walaupun pada dasarnya masing-masing media mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hal ini bisa dilihat dari efektifitas penggunaan media baik dari segi waktu, kecepatan penyampaian pesan dan daya tarik media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil praktik pemangkasan rambut teknik uniform layer pada siswa kelas XI KC SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimental design, bentuk design adalah posttest only nonequivalent contol group design. Pada penelitian ini kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan media video tutorial pada pembelajaran pemangkasan rambut teknik uniform layer dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu berupa modul. Populasi pada penelitian ini adalah siswa yang terdidri dari 2 kelas, jumlah siswa seluruhnya 60 orang siswa kelas XI KC. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Untuk melihat pengaruh media video tutorial menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok kontrol terhadap hasil praktik pemangkasan rambut teknik uniform layer adalah sebesar 79,733 dengan standar deviasi 2,8093, nilai minimum 76 dan nilai maksimum 87, nilai rata-rata kelompok eksperimen terhadap hasil praktik pemangkasan rambut teknik uniform layer adalah sebesar 85,117 dengan standar devisiasi 3,5928, nilai minimum 78 dan nilai maksimum 90, dan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video tutorial terhadap hasil praktik pemangkasan rambut teknik uniform layer pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Padang, nilai p = 0,000 (p<0,05). Disarankan pada guru tata kecantikan hendaknya menggunakan video tutorial sebagai media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami dan termotivasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:54
Last Modified: 25 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42002

Actions (login required)

View Item View Item