Analisis Penggunaan Gadget pada Siswa SMP Negeri 22 Padang

Umairah, Ummi (2022) Analisis Penggunaan Gadget pada Siswa SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_UMMI_UMAIRAH_18006058_6568_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Gadget merupakan sebuah alat elektronik yang terus mengalami pembaruan-pembaruan agar bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Pengguna gadget inipun tidak memandang usia, mulai dari anak-anak, remaja dewasa dan tak terkecuali para pelajar/siswa. Penggunaan gadget yang kurang tepat pada siswa mampu menimbulkan berbagai permasalahan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun belajarnya. Sehingga ditemukan kebanyakan dari siswa mengalami penurunan prestasi belajar semenjak menggunakan gadget dengan tingkat penggunaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mendeskripsikan penggunaan gadget pada siswa di SMP Negeri 22 Padang berdasarkan aspek sumber daya, perilaku penggunaan, pemanfaatan gadget dan potensi kecanduan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan simple ramdom sampling dan ditetapkan sebanyak 158 orang siswa. Adapun instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen penggunaan gadget. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan teknik persentase menggunakan rumus interval dan persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) penggunaan gadget pada siswa SMPN 22 Padang dilihat dari aspek sumber daya adalah siswa yang memiliki gadget dengan status kepemilikan milik sendiri berada pada persentase 89%, siswa yang memiliki gadget lebih dari 2 berada pada persentase 64%, aplikasi yang banyak terinstal dalam gadget siswa adalah aplikasi sosial media dengan persentase sebesar 71%, jenis gadget yang digunakan siswa adalah smartphone dengan persentase sebesar 100%, biaya yang dikeluarkan siswa untuk pembelian paket data adalah lebih dari Rp. 100.000 dalam satu bulan dengan persentase sebesar 77%. Biaya pembelian paket data yang berasal dari orang tua berada pada persentase 70%. (2) penggunaan gadget pada siswa SMPN 22 Padang dilihat dari aspek perilaku penggunaan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 53%, kemudian durasi penggunaan gadget pada siswa adalah lebih dari 8 jam sehari dengan persentase sebesar 77%. (3) penggunaan gadget pada siswa SMPN 22 Padang dilihat dari aspek pemanfaatan gadget berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 41%, (4) penggunaan gadget pada siswa SMPN 22 Padang dilihat dari aspek potensi kecanduan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 48%. Dari keseluruhan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan gadget pada siswa di SMP 22 Padang berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorHariko, Rezki HarikoUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:05
Last Modified: 25 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41993

Actions (login required)

View Item View Item