Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Bidayah, Afifah (2022) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Afifah_Bidayah_17006114_1167_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika yang tinggi. Diduga faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika adalah rendahnya tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, dan (2) prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 177 siswa yang berada di kelas X, XI, dan XII SMA Muhammadiyah 10 Rantauprapat yang terdaftar pada Semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2021 dengan sampel sebanyak 123 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah “Instrumen Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dan Instrumen Prokrastinasi Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Matematika” dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Hasil temuan pada penelitian memperlihatkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori rendah, (2) prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori tinggi, (3) dan terdapat hubungan negatif yang kuat dan signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika dengan koefisien korelasi -0,606 dan taraf signifikansi 0,000. (3) Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok dengan topik (a) apa itu motivasi belajar, (b) dampak dari motivasi belajar yang rendah, dan (c) belajar adalah hobi saya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:27
Last Modified: 25 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41988

Actions (login required)

View Item View Item