Studi Tentang Bentuk Motif dan Proses Batik Batam di Provinsi Kepulauan Riau (Studi Kasus di Indra Batik Batam di Kota Batam)

Valenta, Neneng Sevty (2022) Studi Tentang Bentuk Motif dan Proses Batik Batam di Provinsi Kepulauan Riau (Studi Kasus di Indra Batik Batam di Kota Batam). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NENENG_SEVTY_VALENTA_16075128_1290_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang batik batam khususnya di usaha batik di Indra Batik Batam. Masyarakat kota Batam pun masih belum mengenal seperti apa bentuk motif batik batam dan proses membatik di Indra Batik Batam. Proses membatik di Indra Batik Batam sama halnya dengan proses membatik pada umunya yaitu, persiapan alat dan bahan. Kemudian pada saat proses pewarnaan pembatikan dilakukan secara dicelup dan sebagaian dilakukan secara dicolet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk motif batik batam dan proses membatik di Indra Batik Batam. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripstif kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. keabsahan data dilakukan dengan triangulasi terhadap pimpinan dan orang yang menciptakan bentuk motif. Hasil penelitian batik batam memiliki 16 motif sudah di patenkan oleh HKI yaitu Awan Larat, Bunga Sakat Mayang Terurai, Bunga Sakat Dara Merajok, Siput Gonggong Kuntum Berendam, Siput Gongong Bunga Semayang, Rajung Bersusun, Bunga Kundur Awan Menjulang, Bunga Hutan, Perio Kere Sulor Bekait, Kasih Bersambu, Marlin Dua Alam, Cengkrama Marlin, Ikan Marlin Berseri Gonggong Menari, Ikan Marlin Gelombang Berseri, Marlin Terumbu dan Marlin Berlak. Proses membatik di Indra Batik Batam diawali tahap persipan alat dan bahan. Setelah itu tahap pembatikan yaitu mencap dan proses nembok atau ngeblok. Kemudian tahap pewarnaan yaitu menyiapkan zat warna remazol, mencolet, mencelup dan memberi penguat warna. Untu tahap terakhir pelordan dan finishing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, AndrianiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:52
Last Modified: 24 Jan 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41969

Actions (login required)

View Item View Item