Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Kemiskinan di Sumatera Barat

Putra, Farel Pratama (2022) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Kemiskinan di Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_Farel_Pratama_Putra_17060015_1392_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan di Sumatera Barat (2) ) pengaruh indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan di Sumatera Barat (3) pengaruh kebijakan pemerintah terhadap kemiskinan di Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder Sumatera Barat dalam bentuk data panel dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 dan data ini diperoleh dari Bdan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder Indonesia dalam bentuk data panel dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 dan data ini diperoleh dari lembaga resmi Kementrian Keuangan dan Badan Pusat Statistik. Metode yang digunakan analisis regresi data panel yang diolah dengan menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinnan di Kabupaten/Kota Sumatera Barat dengan probabilitas 0,0008< = 0,05, indeks Pembangunan Manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap terhadap Kemiskinan di Kabupaten/Kota Sumatera Barat dengan Probabilitas 0.0000< = 0,05, Kebijakan Pemerintah (BANSOS PIP) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap terhadap kemiskinan di Kabupaten/Kota Sumatera Barat. Dengan Probabilitas 0.1227 ≥ = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pemerintah sebagai pemegang kendali atas jalannya suatu sistem pemerintahan disuatu negara, yang pada tujuan akhirnya untuk mendorong perekonomian harus menjaga dan mengelola kebijakan dan pemerintahan dengan seimbang dan berkesinambungan untuk mencapai perekonomianyang baik dan stabil agar dapat meminimalisir terjadinya kemiskinan di provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlianis, AlianisUNSPECIFIED
CorrectorAriusni, AriusniUNSPECIFIED
CorrectorTriani, MikeUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:52
Last Modified: 24 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41941

Actions (login required)

View Item View Item