Pewarnaan Alam Pada Batik Dengan Ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang: Studi Kasus di Rumah Warna Dedaunan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Zola, Ami (2022) Pewarnaan Alam Pada Batik Dengan Ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang: Studi Kasus di Rumah Warna Dedaunan Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AMI_ZOLA_17075160_1904_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah tentang pewarnaan alam pada batik dengan ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang di Rumah Warna Dedaunan Kabupaten Bungo yang hanya menggunakan pewarnaan alamsebagai pewarna batik. Cara pembuatan eksrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang setelah diremas-remas, direbus didiamkan semalaman, direbuskan kembali dan didinginkan. Teknik pewarnaan dicelupkan kedalam eksrak lalu dijemur hingga kering, dan warna yang dihasilkan pada kain batik lebih gelap.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan cara pembuatan ekstrak warna alam dengan Biji Kesumba dan Daun Ketapang, teknik pewarnaan alam dengan ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang, dan warna yang dihasilkan dari pewarnaan alam Biji Kesumba dan Daun Ketapang di Rumah Warna Dedaunan Kabupaten Bungo. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yaitu berupa data primer dan data sekunder. Informan penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik dan pengrajin di rumah Warna Dedaunan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisa model interaktif yang berkaitan dengan pokok permasalahan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Membuat ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang diremas-remas,direbus, didiamkan semalaman, direbus kembali, disaring, dan didinginkan. 2) Teknik pewarnaan dengan ekstrak Biji Kesumba dan Daun Ketapang yaitu dengan cara mencelupkan kain, kain direndam dengan sabun cuci, dicelup dengan tawas selama dua malam, kemudian pencelupan dengan ekstrak danselanjutnya pencelupan dengan pengunci (fiksasi) kapur sirih dan tunjung. 3) Warna yang dihasilkan dari Biji Kesumba yaitu warna orange, fixsasi kapur hasil warna nya orange lebih tua dan fixsasi tunjung menghasilkan warna orange kecoklatan. Daun Ketapang menghasilkan warna kuning muda, fixsasi kapur menghasilkan warna kuning tua dan tunjung menghasilkan warna kecoklatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, AndrianiUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:21
Last Modified: 20 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41928

Actions (login required)

View Item View Item