Devi, Saebrina
(2022)
Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam
Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat
Lilin Berbagai Aroma (Pre Eksperimen di SLB N 2
Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana kegiatan pembelajaran keterampilan
di SLBN 2 Padang yang masih kurang dalam inovasi terbaru sehingga anak
cenderung mengalami kebosanan dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan
santai. Melihat dari permasalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan
membuat berbagai jenis keterampilan vokasional dan cara pengajarannya yaitu
menghadirkan keterampilan vokasional dalam membuat lilin berbagai aroma yang
termasuk dalam kategori keterampilan vokasional souvenir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini
menggunakan strategi mastery learning sebagai metode pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi mastery learning efektif
digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat lilin aneka
aroma pada anak tunarungu kelas IX SLBN 2 Padang yang terdiri dari 2 anak
perempuan dan 3 anak laki-laki.
Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan anak membuat lilin
berbagai aroma setelah diberikan treatment menggunakan strategi mastery
learning, dibuktikan dengan Uji Wilcoxon Sign Rank Test didapatkan nilai sebesar
2,041 dengan probabilitas dan tanda Asymp. (2- tailed) = 0,042 sehingga
probabilitas yang diperoleh adalah 0,041
Actions (login required)
|
View Item |