Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

Auzakia, Sabila (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Sabila_Auzakia_18129307_5969_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu model pembelajaran yang bervariasi sangat jarang digunakan, keaktifan peserta didik dalam belajar masih rendah sehingga membuat hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas V SDN 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memilik tahapan a) Perencanaan b) Pelaksanaan c) Pengamatan d) Refleksi, dengan subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian di laksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil penelitian dari RPP adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan RPP sebesar 77,77% (C), siklus I pertemuan II menjadi 86,11% (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% (SB). Hasil dari pelaksanaan pembelajaran aspek guru adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan aspek guru sebesar 75% (C), siklus I pertemuan II menjadi 84,38% (B), dan siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB) dan hasil dari aspek peserta didik adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase keberhasilan aspek peserta didik sebesar 75% (C), siklus I pertemuan II menjadi 84,38% (B), siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB). Hasil belajar peserta didik adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik 73,28 (C), siklus I pertemuan II menjadi 80,71 (B), siklus II meningkat menjadi 85,43 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:26
Last Modified: 20 Jan 2023 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41895

Actions (login required)

View Item View Item