Auzakia, Sabila
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together
di Kelas V SDN 01 V Koto Timur Kabupaten
Padang Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di
sekolah, yaitu model pembelajaran yang bervariasi sangat jarang digunakan,
keaktifan peserta didik dalam belajar masih rendah sehingga membuat hasil
belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe
Numbered Head Together di kelas V SDN 01 V Koto Timur Kabupaten Padang
Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memilik
tahapan a) Perencanaan b) Pelaksanaan c) Pengamatan d) Refleksi, dengan subjek
penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari 12
peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian di laksanakan dalam 2
siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan
non tes.
Hasil penelitian dari RPP adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh
persentase keberhasilan RPP sebesar 77,77% (C), siklus I pertemuan II menjadi
86,11% (B), dan siklus II meningkat menjadi 94,44% (SB). Hasil dari
pelaksanaan pembelajaran aspek guru adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh
persentase keberhasilan aspek guru sebesar 75% (C), siklus I pertemuan II
menjadi 84,38% (B), dan siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB) dan hasil dari
aspek peserta didik adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh persentase
keberhasilan aspek peserta didik sebesar 75% (C), siklus I pertemuan II menjadi
84,38% (B), siklus II meningkat menjadi 93,75% (SB). Hasil belajar peserta didik
adalah : Siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik 73,28
(C), siklus I pertemuan II menjadi 80,71 (B), siklus II meningkat menjadi 85,43
(B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model
kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil pembelajaran
tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |