Husna, Sonia Asma’ul
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem
Based Learning di Kelas IV SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemui di lapangan,
yaitu: guru belum maksimal menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Hal
tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik
menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 11 Pancung Soal
Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus,
setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan 17 orang peserta didik, dimana terdapat 9 orang
peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Data Penelitian
berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran
tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem
Based Learning.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 86,11 %
dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 94,44 % dengan
kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78
(C), meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek
peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78 (C), meningkat pada
siklus II 92,85 % dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek sikap siklus I
dikatogorikan (Baik) dan siklus II dikategorikan (Sangat Baik). Hasil belajar
peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan pesentase
ketuntasan 70,6%, pada siklus II dengan nilai rata-rata 89,4 persentase ketuntasan
94,1%. Dapat disimpulkan pada penelitian bahwa model Problem Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik
terpadu dikelas IV SDN 11 Pancung Soal Pesisir Selatan .
Actions (login required)
|
View Item |