Model Pendidikan Karakter Berbasis Kerjasama Guru dengan Orangtua (Parenting) di PAUD Aisyiyah Kota Padang

Syur'aini, Syur'aini and Wahid, Syafruddin and Azmi, Nadya Ullil and Sesti, Jumia (2017) Model Pendidikan Karakter Berbasis Kerjasama Guru dengan Orangtua (Parenting) di PAUD Aisyiyah Kota Padang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_SYURAINI_MODEL_PENDIDIKAN_KARAKTER_BERBASIS_KERJASAMA_2017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menemukan model pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh orangtua murid Taman Kanak-Kanak ’Aisyiyah Kota Padang, 2) Menemukan model pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Kota Padang, 3) Membangun model pendidikan karakter berbasis kerjasama antara guru dengan orangtua murid Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Kota Padang, 4) Melihat praktikalitas dan efektifitas model yang dibangun di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Kota Padang. Target Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: 1) Artikel untuk publikasi ilmiah dalam prosiding seminar internasional (wajib), 2) Jurnal nasional terakreditasi (tambahan). Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian dan pengembangan (R & D). Langkah-langkah yang harus diikuti adalah: 1) menganalisa kondisi yang terjadi di lapangan saat ini, 2) mendisain model berdasarkan model yang ditemukan, 3) mengembangkan model yang telah didisain, 4) mengimplemen-tasikan model yang sudah disempurnakan dalam ujicoba terbatas dan 5) menilai hasil uji coba untuk menyempurnakan model. Penyusunan model pengembangan ini dilakukan dengan mempedomani langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan (R & D). Prosedur yang digunakan untuk mengembangkan model adalah ADDIE yaitu singkatan dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Populasi penelitian adalah seluruh orangtua murid yang berada di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Kota Padang. Jumlah TK ‘Aisyiyah sebanyak 30 buah dengan jumlah murid sebanyak 1150 orang dan guru berjumlah 210 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan multi stage random sampling dengan kategori pusat kota, pinggir kota, dan antara pusat kota dan pinggir kota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter oleh orangtua di rumah dilaksanakan melalui pembiasaan. Sedangkan penanaman nilai-nilai karakter oleh guru dilakukan dengan cara yang bervariasi sesuai dengan nilai karakter yang ditanamkan seperti pembiasaan, aturan dan tauladan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:01
Last Modified: 19 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41874

Actions (login required)

View Item View Item