Efektivitas Media Pembelajaran Maze Angka dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran Mengurutkan Bilangan 1-10 bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SLB Bina Bangsa Padang

Ramadani, Ramadani (2022) Efektivitas Media Pembelajaran Maze Angka dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran Mengurutkan Bilangan 1-10 bagi Anak Tunadaksa Kelas III di SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Ramadani_18003074_5069_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan berhitung. Berhitung merupakan kegiatan mengerjakan hitungan seperti penjumlahan, pengurangan, pengukuran, menentukan jumlah besar dan kecil suatu ukuran dan nilai. Berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus diajarkan pada satuan pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar. Pembelajaran dasar maetematika sekolah dasar adalah mengenal lambang bilangan, penjumlahan dan mengurutkan bilangan. Salah satu dasar pembelajaran matematika yang harus di ajarkan kepada anak sejak dini yaitu mengurutkan bilangan. Namun tidak semua anak dapat dengan mudah untuk memahami tersebut, salah satunya anak tunadaksa. Tunadaksa adalah ketidakmampuan anggota tubuh untuk melaksanakan fungsinya disebabkan oleh berkurangnya kemampuan anggota tubuh untuk melaksanakan fungsi secara normal akibat luka, penyakit, atau pertumbuhan yang tidak sempurna sehingga akan berpengaruh kepada kemampuan akademik anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen berbentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak tunadaksa kelas III di SLB Bina Bangsa Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data secara visual dengan memaparkan grafik data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dalam mengurutkan bilangan 1-10 anak tunadaksa kelas III meningkat setelah menggunakan media maze angka. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan anak tunadaksa dalam mengurutkan bilangan dari kondisi baseline pertama ke kondisi setelah diberikan intervensi. Dapat disimpulkan bahwa media maze angka efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran mengurutkan bilangan 1-10 bagi anak tunadaksa kelas III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorSilvia, RahmatriUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:58
Last Modified: 19 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41864

Actions (login required)

View Item View Item